Thursday 30 January 2014

Teluk Hijau Banyuwangi

Green bay atau disebut juga Teluk Hijau merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terletak di desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Teluk merupakan lautan yang menjorok ke daratan. Dinamakan Teluk Hijau karena tempat ini menyuguhkan pemandangan pantai dengan air yang berwarna kehijauan dan untuk mencapai tempat ini, rute perjalanannya pun cukup menantang.

Untuk sampai ditempat ini, perjalanan menawarkan rute yang cukup menguras tenaga apalagi bagi pemula yang belum pernah melakukan kegiatan alam terbuka. Perjalanan menuju tampat ini bisa dengan menggunakan sepeda motor atau mobil, tentunya dengan kondisi kendaraan yang stabil. Pengunjung dari arah Jember bisa melewati rute dari Jajag menuju Pantai Pulau Merah atau Sukamade, Pesanggaran. Sesampainya di Pesanggaran, pengunjung bisa langsung menuju Desa Sarongan yang juga merupakan desa terakhir sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Kondisi jalan menuju desa terakhir merupakan jalan aspal yang masih mulus (kondisi jalan pada tanggal 25 Desember 2013). Pemandangan sepanjang jalur ini diwarnai dengan perkebunan karet yang lebat. Sesampainya di Desa Sarongan, tepatnya di Pasar Sarongan, pengunjung harus tetap mengukuti jalan lurus menuju pintu gerbang Taman Nasional. Perjalanan dari Pasar Sarongan menuju pintu gerbang Taman Nasional kira - kira membutuhkan waktu 15 - 20 menit perjalanan. Sesampainya di pintu gerbang Taman Nasional, pengunjung diwajibkan lapor dan membayar tiket masuk Taman Nasional. Bagi pengunjung lokal, tiket masuk berkisar antara Rp. 2500 - Rp. 5000 per orang. Harga ini belum termasuk peralatan yang dibawa pengunjung seperti Digital Camera, Handycam, dan peralatan lainnya.

Setelah melakukan registrasi di pintu masuk Taman Nasional, pengunjung mulai memasuki kawasan hutan dengan aroma yang khas dan medan berbatu. Perjalan dari pos perijinan sampai di temapt parkir Wisata Teluk Hijau membutuhkan waktu kurang lebih 10-20 menit. Sesampainya di tempat parkir wisata, pengunjung juga bisa memilih destinasi wisata yang diinginkan; Goa Jepang, Bunga Bangkai (hanya waktu tertentu), dan Pantai Teluk Hijau. Untuk sampai di Teluk Hijau, pengunjung harus berjalan kaki selama 30 - 45 menit. Jalur menuju tempat ini merupakan jalan setapak yang pada musim hujan kondisinya berlumpur dan sangat licin. Selama perjalanan menuju Teluk Hijau, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam yang masih asri dan segar, melewati hutan yang juga masih lebat dan naik turun bukit. Setelah melewati rute ini, pengunjung bisa menikmati Pantai Batu yang juga menawarkan suasana alam yang menyegarkan. Sepanjang pantai, batu - batu tertata rapi oleh alam yang juga menyisakan pengalaman yang berkesan bagi penikmatnya. Untuk sampai di Pasir Putih Teluk Hijau, pengunjung masih harus berjalan sekitar 10 menit menyusuri Pantai Batu.

Disebut teluk hijau karena air laut yang ada ditempat ini berwarna hijau. Hal ini menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa bagi para pengunjung atau penikmat wisata pantai pada umumnya. Kondisi Air yang masih jernih kehijauan menawarkan suasana alam yang segar, sejuk, dan menenangkan bagi para penikmatnya. Selain itu, pasir putih yang masih bersih dan lembut memanjakan para pengunjungnya untuk berlama - lama menginjakkan kakinya disana. Kondisi alam disekitar pantai yang masih asri juga menawarkan keindahan alam tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung di tempat ini. Dipojok Pantai terdapat air terjun setinggi kurang lebih 3 - 4 meter yang menyuguhkan kesegaran ari tawar bagi para pengunjungnya. Pantai ini juga dikelilingi tebing - tebing curam yang melingkarai kawasan pantai, menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Petualangan di Pantai Teluk Hijau merupakan petualangan yang cukup melelahkan tapi dengan sejuta kenangan yang mungkin tidak akan terlupakan. Keindahan alam yang begitu mempesona menimbulkan kesadaran bahwa alam ini perlu dijaga oleh para pengunjung dan masyarakat pecinta alam pada umumnya, sebagai titipan Yang Maha Kuasa, agar tetap lestari pesona dan keindahannya.


Salam lestari ...............!!!


Foto - foto Teluk Hijau:

Teluk Hijau dari tempat parkir


Pantai Batu


Pemandangan di Pantai Batu



Pantai Pasir Putih


Air berwarna kehujauan di Pantai Pasir Putih


Pemandangan disalah satu sudut Pasir Putih


Papan selamat datang


Pemandangan di Pantai Pasir Putih

8 komentar

salam gan
abis ngeliat thread ama blog agan ini, ane jadi tertarik. Rencana ane mau liburan di sana :D. Sebelumnya maaf nih, kalo ane naik kereta dari solo turun di stasiun banyuwangi, trus kalo mau ke TI ane harus naik apa ya?Soalnya ane bawa rombongan lumayan banyak skitar 30 orang

trims gan
salam

salam jg gan dan terimaksih sdh mampir di blog ane :)
klo dr stasiun banyuwangi, agan bisa naik bus menuju terminal jajag. klo sdh sampai di terminal jajag, agan bs gunakan bus mini menuju pesanggaran/pulau merah. nah stlh dr sini ane kurang paham gan hrs naik apa krn wkt itu ane naik sepeda motor. klo dr tmen2 ane yg sdh prnh ksana, mereka naik truk gan. klo dr terminal jajag agan bs nego dg pemilik kendaraan untk ngantarkn rombongan sampai di teluk ijo, itu lbh enak gan. cuma itu yg bs ane bagikan ke agan. selamat mencoba :)

Gan untuk tiket masuk kekawasan taman nasional merubetiri bayar berapa? Untuk ke teluk ijo bayar lagi? Kata temen q harga tiket masuk kawasan bisa sampek 90ribu? Benwr gak?

klo tiket perorangan tdk sampai segitu gan. kcuali agan bawa barang bawaan yg ckup bnyak termasuk kamera digital yg tarifnya ckup mahal,klo g salah wktu itu 10 rb an lbh. klo agan bawa kamera digital lbh dr 1 ya tinggal mengalikan. klo agan prnh kesemeru, aq kira semeru lbh mahal ketimbang meru betiri.

Siang gan, untuk sekarang ini green bay bisa buat camp gak gan ? tanggal 24-26 desember 2015 besok sya dan temen2 mau berkunjung ke green bay..., tolong infonya gan...

malam gan, threadnya bagus sekali, membacanya serasa gimanaa gitu. Teluk ijo keren masih asri, bisa gak ya buat lupain masalalu...

siang gan aji susanto. bener gan alamnya msh asri banget. saking asrinya, sampe2 g bisa dilupakan gan pengalaman di teluk ijo. apalagi masa lalunya wkwkwkwkwk

wah pasti sangat berkesan bingit ya gan, jgn2 footprints nya masih ada disana gan, coba dicek lagi gan. kpn2 kita explore lokasi baru yuk gan, ane ada lokasi nih yg mungkin blm terjamah, vegetasi nya masih asli, kemungkinan banyak ularnya gak jadi wes gan.


EmoticonEmoticon