Tuesday 20 December 2016

Rekomendasi tempat liburan akhir tahun

Buat kalian yang ada di daerah Jember, tempat ini bisa menjadi pilihan buat ngisi liburan akhir tahun kalian. Terletak di desa Sucopangepok kecamtan jelbuk kabupaten Jember, puncak SJ88 menawarkan sensasi wisata yang menantang adrenalin. Perjalanan dimulai dari alun – alun kota Jember menuju arah Bondowoso. Namun setibanya di pertigaan pertama setelah Polsek Jelbuk, belok kiri mengikuti jalan aspal menuju arah desa Sucopangepok. Perkiraan jarak dari alun – alun Jember sampai parkiran sepeda motor sekitar 21,9 km atau sekitar 48 menit. Disarankan perjalan dimulai pada pukul 03.30 wib / sebelum subuh untuk menikmati matahari terbit. Tentunya dengan kondisi awan yang cerah.

peta lokasi

Sesampainya di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dari sini dapat dijumpai penunjuk arah menuju puncak SJ88. Setelah melewati penunjuk arah pertama, jalan mulai terjal dan berbatu. Akan sangat aman bila cuaca tidak sedang atau habis diguyur hujan. Karena memang jalurnya berada di tengah pedesaan, penjual makanan ringan atau warung – warung warga dapat dijumpai disepanjang perjalanan. Kondisi ini bias dimanfaatkan untuk mengisi bekal di perjalanan.


Untuk mencapai puncak SJ88, pengunjung harus mendaki bongkahan batu dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, ada juga anak tangga yang dilengkapi dengan tali untuk pegangan. Dari sini sudah terlihat puncak SJ88 yang berwujud batu besar dan terletak diatas bukit dengan ketinggian kurang lebih 800 mdpl. Waktu tempuh perjalanan kaki dari tempat parkir menuju puncak SJ88 diperkiran mencapai kurang lebih 40 menit.

Puncak SJ88

Puncak SJ88

Puncak SJ88


EmoticonEmoticon