Thursday 28 August 2014

Gemercik air di lereng selatan Gunung Argopuro

Air Terjun Tancak merupakan air terjun yang terletak dilereng selatan Pegunungan Argopuro, tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Terletak pada koordinat GPS: 8° 3' 57.63" S  113° 37' 12.09" E, Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 82 m dengan debit air 150 meter kubik perdetik. Selain itu, air terjun ini juga memiliki pemandangan panorama yang indah dan dikelilingi oleh hamparan perkebunan kopi yang luas.


Air Terjun Tancak


Setelah sampai di perkampungan ini, pengunjung memulai perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 2,5 km menuju lokasi air terjun. Sepanjang jalur yang akan dilewati merupakan perkebunan kopi yang terhampar luas memenuhi lereng perbukitan disebelah kanan dan kiri jalan. Berbagai jenis burung juga bisa kita jumpai disepanjang perjalanan diselingi dengan aliran air yang mengalir cukup deras. Setelah melewati perkebunan kopi, pengunjung mulai memasuki kawasan hutan yang masih cukup lebat dengan kondisi jalan setapak. Rute perjalanan ini diawali dengan menyeberangi sungai berbatu kemudian menaiki tanjakan yang sangat curam. Dari sini, pengunjung mulai bisa mendengarkan suara air terjun yang deras. Kondisi jalan ketika musim kemarau tentunya kering dan mudah untuk dilewati. Akan tetapi kondisi itu terbalik jika musim penghujan tiba. Kondisi jalur menjadi sangat licin dan berlumpur. Selain itu, pacet juga terdapat di mana – mana yang setiap waktu bisa hinggap di badan dan menghisap darah manusia. Oleh karena itu, berkunjung di musim hujan sangat tidak disarankan kalau ingin petualangan disana tidak diganggu oleh kehadiran pacet.

Penunjuk arah


Sesampainya di lokasi air terjun, terdapat beberapa lokasi untuk mendirikan tenda yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selebihnya, area ini merupakan semak – semak yang sangat rimbun. Selain itu, lokasi ini juga dikelilingi oleh tebing – tebing yang menjulang tinggi sekitar 50 m. Dilokasi ini, pengunjung juga sudah bisa menikmati keindahan pemandangan air terjun yang berjarak sekitar beberapa meter diwarnai oleh tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Kejernihan dan gemericik air yang mengalir di sela - sela bebatuan membayar semua kelelahan selama perjalanan. Tetesan embun dari ujung dedaunan di pagi hari menambah kesegaran berpetualang di lereng selatan Pegunungan Argopuro. Selamat berpetualang.....!!!



Salam lestari...!!!


Foto - foto Tancak:

Kawasan hutan menuju Tancak
Melewati perkebunan kopi
Camp area

Dibawah air terjun


Air terjun

Mata air di sela- sela bebatuan

Air diatas bebatuan

Kaki seribu

Pacet

Air yang mengkristal

Secangkir Torabika di pagi hari



EmoticonEmoticon