Wednesday 20 August 2014

Pantai Bandealit, salah satu pantai di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Bandealit merupakan salah satu pantai yang terletak di ujung tenggara kota Jember, tepatnya di Taman Nasional Meru Betiri yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor atau dengan mobil pribadi dengan sopir yang sudah berpengalaman. Dari pusat Kota Jember, para calon pengunjung harus menuju kecamatan Ambulu. Sesampainya di perempatan lampu merah Ambulu, pengunjung harus belok ke kiri menuju daerah perkebunan karet di Desa Blater. Pantai ini merupakan pantai yang masih bersih sehingga manawarkan panorama alam yang mengagumkan diwarnai dengan perjalanan yang begitu menantang.

Ketika sampai di pintu gerbang memasuki kawasan taman nasional, perjalanan mulai menanjak ke atas bukit dengan jalan yang berliku dan kondisi aspal yang rusak. Perjalanan ini diwarnai dengan pemandangan kebun milik warga yang berada di kanan dan kiri jalan. Setelah melewati jalur ini, medan berganti menjadi medan berbatu sepanjang 10 km menuju Pantai Bandealit. Medan ini cukup berbahaya dan membutuhkan keterampilan berkendara yang memadai karena seluruh permukaan jalan ditutupi oleh batu yang cukup besar. Tergelincir ke salah satu sisi jalan, jurang curam yang menanti. Di sepanjang jalur ini, pengunjung juga bisa melihat satwa liar yang pada suatu saat bisa melintas ditengah jalan. Hal ini menjadi sensasi tersendiri bagi setiap pengunjung yang beruntung melihatnya.

Sesampainya di Pantai Bandealit, terdapat Camping Ground yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk mendirikan tenda. Di daerah ini juga terdapat sumber air yang jernih untuk kebutuhan minum dan masak bagi para pengunjung. Di sebelah kanan Camping Ground terdapat muara yang merupakan tempat untuk habitat mangrove dan juga merupakan tempat untuk melakukan pengamatan terhadap burung air. Kondisi lokasi yang masih tenang dan hanya suara alam yang terdengar, pantai ini memang sangat cocok untuk melakukan relaksasi. Disamping muara, juga terdapat gua yang berbentuk lonjong yang bisa digunakan untuk berteduh selama menikmati ketenangan alam yang disuguhkan oleh Pantai Bandealit. Pepohonan hijau yang masih lebat disekitar muara juga turut menghisasi sensasi keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Semilir angin yang berhembus juga turut melengkapi keindahan alam dalam menikmati alam ciptaan-Nya. Pantai pasir putih yang bersih dan kebiruan warna air laut merepresentasikan lukisan karya Ilahi yang begitu indah. Sebagai makhluk ciptaan yang sempurna, manusia seyogyanya menjaganya agar tetap lestari dan terjaga keindahannya. Selamat berkunjung dan selamat berpetualang ………..!!!!


Salam lestari,,,,!!!


Foto - foto Pantai Bandealit:

Pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri




Papan peringatan disalah satu titik dijalur menuju pantai
Muara Barat





















Camping Ground

 
Pemandangan disepanjang pantai

Pemandangan disepanjang pantai

Pemandangan disepanjang pantai

Goa di salah satu sudut pantai


EmoticonEmoticon